Senin, 02 Januari 2017

Medusa ( Wanita Berambut Ular )


Medusa (Yunani), yang berarti "penjaga" atau "pelindung") Dalam sejarah yunani medusa artinya itu penjaga atau pelindung , Medusa bertugas menjaga kuil athena . Awal mulanya medusa adalah wanita cantik yang di incar oleh para pria .

Medusa dikutuk oleh Athena menjadi wanita mengerikan berambut ular atau biasa di sebut Gorgon , karena ia telah melakukan perbuatan hina yakni bersetubuh dengan Poseidon , Poseidon terpesona dengan kecantikan medusa sehingga dia bernafsu untuk memperkosanya .

Siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi batu. Medusa tewas di tangan Perseus, yang kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata sebelum diberikan kepada Athena untuk dtempatkan pada perisai.

Medusa, Stheno dan Euryale adalah anak dari dewa laut kuno Phorcys dan adiknya Ceto (ini sih namanya incest gan ). Dalam kisahnya, Stheno dan Euryale diceritakan sebagai makhluk abadi (immortal) sedangkan
Medusa tidak. Oleh karena itu, Medusa dapat terbunuh oleh Perseus. ( Kalo ada pertanyaan, "Apakah yang dimaksud dengan gorgon?" itu berarti merujuk pada Tiga bersaudari ini, Medusa, Stheno dan Euryale )

Versi terakhir dalam mitologi Medusa menceritakan bahwa Medusa awalnya adalah seorang perawan cantik, wanita idaman para lelaki, dan seorang pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun kemudian ia disiksa dan diperkosa oleh Poseidon, Sang Dewa Laut di dalam kuil Athena. Tentu saja hal ini membuat Athena marah, ia pun merubah rambut cantik Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa sehingga siapapun yang melihat matanya, akan menjadi batu.

Di tempat lain, Polydectes yang jatuh cinta kepada Danaƫ (nyokapnya Perseus) merancang suatu rencana yang licik untuk mengusir Perseus, agar ia dapat menikahi ibu Perseus. Ia menyuruh Perseus untuk membawakan kepala Medusa. Waktu itu Medusa dianggap sebagai monster yang dapat mengubah orang-
orang disekitarnya menjadi batu, dan tidak ada satupun orang yang berani membunuhnya. Perseus tidak bisa menolak perintah Polydectes, ia pergi untuk mencari Medusa. Di tengah ketakutan dan kebingungannya, ia mendapatkan bantuan dari para dewa/dewi. Hermes memberikan pedang adamant padanya, lalu Athena memberikan perisai perunggu yang dipoles dengan baik, dan Hades memberikan helmet of invisibility

Setelah mendapatkan barang-barang pemberian tersebut (rare item nih ceritanya? ), Perseus tentu saja dapat membunuh Medusa dengan mudah. Perisai yang dibawa Perseus dipoles hingga menyerupai cermin, sehingga membuat Medusa menjadi batu karena melihat bayangannya sendiri. Lalu setelah Medusa menjadi batu, Perseus memenggal kepalanya. (Ini murni pendapat ane loh gan. Menurut ane, pada waktu itu sebenernya Medusa tidak berniat jahat dengan mengubah orang-orang menjadi batu, itu kan karena kutukannya. Ia juga tidak tahu cara mengembalikan orang-orang seperti semula, tapi orang-orang sudah keburu mencapnya sebagai makhluk jahat ).

Selama beberapa waktu, Perseus menggunakan kepala Medusa sebagai senjata. Lalu kemudian kepala itu diserahkan kepada Athena untuk ditaruh pada perisai Zeus (pasti udah sering denger yang namanya Tameng Aegis kan? Itu adalah perisai dengan kepala Medusa didalamnya. Konon katanya Tameng Aegis ini terkenal dapat melindungi pemakainya secara otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar